Bolehkah Pemula Ikut Lomba Lari Puluhan Kilometer ?, Berikut Manfaat Olahraga Lari

Bolehkah Pemula Ikut Lomba Lari Puluhan Kilometer ?, Berikut Manfaat Olahraga Lari

Akhir akhir ini kompetisi olahraga lari puluhan kilometer sedang diminati oleh banyak orang dan kian menjadi tren di Indonesia. Bahkan yang tidak terbiasa melakukan kegiatan olahraga terkadang merasa tertarik untuk mengikuti kompetisi ini. Namun bagi kamu yang jarang bahkan tidak pernah sama sekali melakukan olahraga jangan pernah mencoba untuk mengikuti kompetisi lomba lari puluhan kilometer ini.

Menurut dr. Michael Triangto, SpKO memberikan penjelasan jika kegiatan berolahraga harus dimulai dari level terendah agar mendapatkan manfaat kesehatan. Pasalnya dr. Michael ini juga menambahkan bahwa semakin tinggi intensitas olahraga yang dilakukan semakin tinggi pula resiko yang harus diterima. Sehingga bagi kamu yang tidak terbiasa melakukan serangkaian kegiatan olahraga baik ringan maupun berat jangan mencoba untuk mengikuti kegiatan lari 10 kilometer.

Jika memang kamu ingin memulai untuk  berolahraga, sebaiknya dilakukan dengan sejumlah aktivitas fisik yang ringan agar manfaat dalam menjaga kesehatan semakin terjaga. Kegiatan berolahraga ringan bisa dimulai dengan kegiatan jalan kaki atau naik turun tangga. Agar mendapatkan manfaat kesehatan, seseorang harus mematuhi aturan BBTT atau diartikan sebagai Benar, Baik, Terukur dan Teratur ketika melakukan kegiatan fisik atau olahraga.

 

BBTT juga memiliki arti yang lebih dalam karena diuraikan per kata sehingga benar benar kompleks dan harus dilakukan ketika berolahraga. Baik diartikan sebagai kegiatan aktivitas fisik yang disesuaikan dengan suatu kondisi lingkungan dan kondisi fisik. Benar berarti kegiatan olahraga atau aktivitas fisik dilakukan secara bertahap yaitu mulai dari pemanasan, latihan inti hingga kemudian pendinginan.

 

Ada 2 Huruf yang belum teruraikan artinya secara lebih rinci yaitu arti dari kata teratur dan juga arti dari kata terukur. Teratur dapat diartikan dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur selama 3 hingga 5 kali dalam satu Minggu. Sedang Terukur berarti kegiatan aktivitas fisik dilakukan dengan mengukur waktu latihan dan intensitas setiap orang yang tidak sama.

 

Sebagai contoh adalah kegiatan berolahraga dimulai dalam waktu 20 menit sekali setiap Minggu, lalu ditambah menjadi 150 menit agar mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi. Manfaat kesehatan akan terus meningkat jika kamu terus menambah waktu olahraga misalnya ditambah menjadi 300 menit seminggu. Tapi jangan lupa untuk tetap mengendalikan resiko dengan baik karena semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk berolahraga maka semakin banyak pula resiko yang didapat.

 

Dr Michael menambahkan bahwa jika seseorang disibukkan oleh kegiatan sehari hari, masih dapat melakukan aktivitas fisik dengan mudah di rumah, ditempat umum maupun di tempat kerja. Misalnya ketika bekerja lebih sering menggunakan tangga daripada lift yang telah disediakan dan mengikuti kegiatan senam yang diselenggarakan pihak kantor. Jangan pernah menggunakan alasan tidak punya alat dan tidak punya waktu ketika berolahraga, bahkan hanya dengan menggunakan sebuah kursi kamu bisa berolahraga.

 

Apalagi akhir akhir ini lomba lari sedang trend dan dikenal oleh banyak orang di berbagai kota. Sehingga kamu bisa mulai melakukan kegiatan olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah sedikit demi sedikit agar mendapatkan manfaat kesehatan. Selain mendapat manfaat kesehatan, jika kamu sudah mulai terbiasa melakukan kegiatan olahraga yang cukup, kamu juga bisa mendaftarkan diri menjadi peserta lomba lari bahkan hingga puluhan kilometer.

 

Bahkan kini olahraga lari sudah menjadi gaya hidup di masyarakat yang memang menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Selain dapat menggerakkan sendi dan otot, lari juga memiliki peran dalam menurunkan faktor resiko terhadap terjadinya berbagai macam penyakit. Penyakit yang dapat dicegah faktor resikonya dengan melakukan olahraga lari adalah jantung koroner, hipertensi, stroke dan penyakit diabetes.

 

Banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dari olahraga lari selain memperlancar aliran darah dalam sistem saraf di tubuh. Olahraga lari dapat membantu mencegah penuaan terhadap tulang, membantu kurangi berat badan dan membantu menghilangkan stress. Banyak manfaat kesehatan yang didapat dari olahraga lari membuat konsistensi dalam berolahraga lari harus dijaga oleh semua pihak.

 

Dr Maria memberikan pernyataan bahwa atas dasar manfaat kesehatan dari olahraga inilah yang membuat Siloam Hospital Surabaya giat menjaga ekstensinya dalam melakukan promosi tentang gaya hidup sehat. Salah satu yang pihak ini lakukan adalah mengadakan Siloam Family Run di Pakuwon City, Surabaya pada Hari Minggu tanggal 17 Maret tahun 2019 lalu. Acara ini cukup meriah dan banyak orang yang mengikutinya, terdapat hingga 1100 peserta yang mengikuti Siloam Family Run ini.

 

Selain melakukan acara yang cukup membuat banyak keluarga maupun masyarakat merasa tertarik, acara ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat tentang program terbaru dari Siloam Hospitals Surabaya. Program terbaru dari Siloam Hospitals Surabaya adalah Siloam Medical Community Privilege yang berarti dengan mendaftarkan diri sebagai bagian dari komunitas sehat ini peserta akan mendapatkan keuntungan. Peserta akan mendapatkan harga khusus dan beberapa manfaat lain dari Siloam Hospitals Surabaya.

 

Pemberian harga khusus yang diberikan oleh Siloam Hospitals Surabaya tentunya memberikan banyak manfaat khususnya bagi komunitas sehat ini. Ini diselanggarakan pihak Siloam Hospitals Surabaya sebagai salah satu upaya dalam mengampanyekan hidup sehat. Kegiatan ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun ke 45 dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).


Leave a Reply

Your email address will not be published.